Rabu, 04 November 2009

Monitor Out of Sync Setelah Koneksi dengan LCD Projector

lcdprojtoshiba Saya tidak tahu apakah masalah ini hanya spesifik pada laptop saya yang menggunakan Windows 7 Enterprise atau mungkin bisa juga terjadi pada laptop merek apapun dengan OS apapun.  Kejadiannya adalah, ketika saya hubungkan laptop dengan LCD Projector, lalu saya set agar display-nya dikloning ke layar. Semua berjalan baik-baik saja. Masalah timbul ketika saya nyalakan lagi laptop dalam keadaan tidak terhubung dengan si projector. Yang terjadi adalah monitor laptop jadi out of sync; maksudnya horizontal & vertical line-nya tidak proporsional. Dari pengalaman saya membetulkan komputer, tampilan seperti ini biasanya muncul kalau setting resolusi VGA card terlalu tinggi dan tidak bisa ditangani oleh monitor.
Saya sudah lakukan beberapa upaya untuk menanganinya. Antara lain :

  1. Masuk ke safe mode, lalu menurunkan resolusi ke tingkat yang paling rendah (800 x 600), lalu restart.
  2. Masuk ke safe mode, lalu menginstal ulang driver VGA.
  3. Masuk ke safe mode, lalu men-disable display control panel untuk tampilan.
  4. Restart, lalu pencet F8, dan pilih last good known configuration

Semuanya tidak memecahkan masalah. Hanya yang saya lakukan terakhir itu membawa saya ke pilihan yang belum pernah saya coba sebelumnya. Sebenarnya perlu waktu lebih dari sehari buat saya untuk menemukan pilihan ini, karena laptop saya ini dipasang 2 sistem operasi; Windows 7 dan Vista. Ketika proses boot up berjalan kita akan sampai pada pilihan OS; saya pikir caranya mengeluarkan Advanced Boot Menu itu adalah dengan cara memilih salah satu OS, lalu cepat-cepat memencet F8. Ternyata kalau itu dilakukan, itu hanya akan membawa kita ke empat menu berikut ini :

  1. Safe Mode
  2. Safe Mode with Networking
  3. Safe Mode with Command Prompt
  4. Start Windows Normally

dan tidak membawa kita ke menu yang lengkap (ini yang disebut Advanced Boot Menu), yaitu :

  1. Safe Mode
  2. Safe Mode with Networking
  3. Safe Mode with Command Prompt
  4. Enable Boot Logging
  5. Enable Low Resolution Video (640 x 480)
  6. Last Good Known Configuration (Advanced)
  7. Directory Service Restore Mode
  8. Debugging Mode
  9. Disable Automatic Restart on System Failure
  10. Disable Driver Signature Enforcement
  11. Start Windows Normally

Yang benar adalah, ketika kita sampai pada menu pilihan OS, langsung saja kita pencet F8, dan menu itu akan muncul sesuai dengan highlight OS mana yang kita pilih. Nah, ketika saya masuk ke menu ini, ada pilihan yang belum pernah saya coba sebelumnya, yaitu: Enable Low-Resolution Video (640 x 480).
Pilihan itu saya cobakan, dan membawa saya ke penyelesaian masalah ini. Caranya adalah dengan klik kanan di desktop dan pilih Screen Resolution. Karena ini adalah mode normal-nya Windows 7 tapi hanya jalan di resolusi sangat rendah, maka yang muncul adalah lengkap seperti ini : 
normalmodew7 Ini berbeda ketika saya melakukan hal yang sama di safe mode. Yang muncul tidak selengkap seperti di atas :
safemodew7Itu sebabnya saya tidak bisa menemukan penyelesaian apapun dalam safe mode, karena memang pemecahan masalah ini ada pada tampilan Change the appearance of your display yang harus muncul dengan semua opsinya, lengkap.
Inti masalahnya sebenarnya begini; Saya sudah terburu-buru mencabut kabel VGA dari LCD projector, sementara setting di Windows 7 masih dalam keadaan duplicated / cloned. Maka pemecahannya adalah dengan meng-klik Connect to a projector, dan memilih Computer only. Ketika saya lakukan ini, resolusi layar yang tadinya 640 x 480 langsung berubah sendiri ke 1280 x 800.
Untuk memastikan, saya restart laptop, dan ternyata bisa masuk ke mode normal lagi seperti sedia kala.
Case solved.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar